Peresmian Bioskop Moviplex Sukabumi

Inspirasi . 05:49 March, 13, 2020 . by mohamad fachreiza

Perlu menunggu selama 19 tahun, hari ini (13/3/2020) Sukabumi akhirnya memiliki bioskop kembali.

Era 90-an merupakan masa kejayaan perfilman di Sukabumi. Mungkin tak hanya di Sukabumi, masa keemasan tersebut berlaku di berbagai wilayah di Indonesia dengan hadirnya film-film Indonesia yang berkualitas hingga menembus pasar-pasar dunia. Berdasarkan para ahli perfilman, pertama kali bioskop atau tempat bagi masyarakat umum berkumpul menonton film di Sukabumi hadir pertama kali pada tahun 70-an sebagai media pelepas penat. Hingga puncaknya pada era 90-an tercatat 10 bioskop berdiri di Sukabumi. Mulai dari Bioskop Capitol, Bioskop Indera, Bioskop Royal, Bioskop Mustika, Bioskop Mutiara, dsb. Hingga akhirnya bioskop terakhir yaitu Bioskop 21 yang terletak di Ramayana Sukabumi pada tahun 2001 menyatakan tutup dan undur diri dari Kota Sukabumi.

Perlu menunggu selama 19 tahun hingga akhirnya Sukabumi memiliki bioskop kembali. Tepat pada hari ini (Jumat, 13 Maret 2020), dilakukan peresmian Bioskop Moviplex yang dihadiri oleh Walikota beserta jajaran, pihak Moviplex, pelaku media cetak dan media elektronik Sukabumi, komunitas film Sukabumi.

Rangkaian peresmian tersebut dimulai dengan sambutan owner Moviplex Sukabumi, Agus Santoso. Dilanjutkan sambutan oleh Walikota Sukabumi yang turut hadir dalam suasana berbahagia ini, Bapak H. Ahmad Fahmi. Beliau juga berharap kembali adanya bioskop di Sukabumi menjadi penguatan bagi ekonomi lokal, menjadi tempat atau media yang positif bagi masyarakat dalam menyalurkan penat dari rutinitasnya, dan hal tersebut berdampak pada kegiatan negatif di jalanan. Peresmian dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng sebagai penanda diresmikannya Bioskop Moviplex Sukabumi. Acara peresmian tersebut ditutup dengan kegiatan nonton bareng film "Aku Tahu Kapan Kamu Mati" garapan rumah produksi Unlimited Production.

Setelah acara peresmian, masyarakat sudah dapat membeli tiket untuk penayangan perdana pada hari Sabtu, 14 Maret 2020. Harga tiket Moviplex Sukabumi untuk hari Senin hingga kamis yaitu Rp 25.000, pada hari Jumat yaitu Rp 30.000, serta pada hari Sabtu dan Minggu harga tiket mencapai Rp 35.000. Bioskop Moviplex Sukabumi memiliki tiga studio film dengan kapasitas 190 orang untuk setiap studionya. Film-film yang hadir dalam penayangan perdana yaitu Bloodshot di Studio 1, Aku Tahu Kapan Kamu Mati di Studio 2, dan Mariposa / Invisible Man di Studio 3.

Hadirnya kembali bioskop di Sukabumi merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Sukabumi sejak lama. Selama ini, masyarakat yang ingin menyaksikan film-film terbaru di bioskop perlu pergi ke kota-kota sekitar yang terdapat bioskop. Tentu saja harapan yang lebih besar dengan berkembangnya perfilman di Sukabumi ialah lahirnya tokoh-tokoh dari Sukabumi yang berdampak besar dalam kemajuan perfilman Indonesia.