Cap Go Meh 2020 Sukabumi

Acara . 12:01 February, 15, 2020 . by mohamad fachreiza

Puncak perayaan pada hari Jumat, 14 Februari 2020. Keramaian Cap Go Meh 2020 Sukabumi yang berpusat di Vihara Widhi Sakti menyedot perhatian masyarakat berbagai lintas kepercayaan, untuk turut memeriahkan perayaan hari ke-15 dan sebagai hari terakhir perayaan Imlek..

Cap Go Meh, bila diartikan berarti hari ke-15 dari perayaan Imlek. Festival budaya Cap Go Meh Sukabumi 2020 dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Kamis (13/2/2020) dan Jumat (14/2/2020). Selain kemeriahan festival dengan berbagai pertunjukan, festival ini makin semarak dengan hadirnya berbagai kuliner yang dipusatkan di Danalaga Square. Gerimis hampir tak pernah berhenti selama perayaan, namun keramaian masyarakat selama festival berlangsung tak pernah surut.

Pada hari pertama, kegiatan diawali acara keagamaan di Vihara yang dimulai pada Kamis pukul 10.00 WIB. Kemudian, pada pukul 13.00 WIB dilaksanakan pertunjukkan Barongsai Gie Say di depan halaman Vihara. Acara yang tak kalah meriah ialah kirab atau pawai Cap Go Meh hari Jumat yang dimulai pukul 13.00 WIB. Pawai Cap Go Meh ini kembali dilaksanakan setelah 2015 silam.

Pertunjukkan Barongsai dan Barong Liong yang ikonik dalam budaya Tionghoa, juga menghadirkan Barongsai tamu yang berdatangan dari luar kota untuk turut serta dalam perayaan Cap Go Meh 2020 di Sukabumi. Kesenian Sunda seperti Sisingaan atau Gotong Sunda melengkapi ragam budaya dalam perayaan tersebut. Pada akhirnya festival budaya Cap Go Meh menjadi penanda orang-orang dari berbagai lintas kepercayaan dan lintas generasi saling bersilaturahmi, menjadikan tempat atau media multikultural, tempat bagi semua orang.